Sponsored : Squavit
Manfaat Ikan Bandeng: Manfaat Ikan Bandeng

Rabu, 12 Oktober 2016

Manfaat Ikan Bandeng

      Ikan bandeng saat ini sudah cukup populer sebagai ikan pangan di Asia tenggara termasuk di Indonesia. Di indonesia ikan bandeng sudah sangat terkenal dengan ikan yang nemiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Ikan bandeng sangat disukai karena memiliki rasa daging yang lezat dan gurih dan
dagingnya juga tidak mudah hancur saat di goreng. Tetapi banyak yang mengeluhkan duri yang terdapat pada tubuh ikan bandeng, namun saat ini masalah duri pada tubuh ikan bandeng sudah dapat di atasi dengan menggunakan panci presto, atau panci yang mempunyai tekanan yang tinggi sehingga membuat duri yang terdapat pada ikan bandeng menjadi lunak dan akan hancur saat kita mengunyahnya.

Ikan bandeng presto juga sudah menjadi jajanan oleh-oleh di kota Semarang, selain memiliki Rasa yang lezat dan gurih ikan bandeng juga memiliki manfaat kandungan gizi yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk perkembangan anak dan kesehatan tubuh.  
Gizi yang dimiliki ikan bandeng seperti:
  • Omega 3
    Ikan bandeng memiliki kandungan gizi omega 3 yang jauh lebih banyak dari pada ikan salmon yang selama ini di yakini memiliki kandungan omega paling banyak, ternyata salah besar. Kandungan omega 3 yang di miliki ikan bandeng (14,2%) ikan sardin (3.9%) ikan salmon (2.6%) dan ikan tuna (0.2%).
  • protein 
     Protein yang dimiliki ikan bandeng juga cukup banyak  di bandingkan ikan lainya, protein ikan bandeng sebesar (20,38%). mengkonsumsi ikan bandeng dapat memenuhi protein dalam tubuh.
  • Kalsium
    Ikan bandeng juga merupakan salah satu jenis ikan laut yang tinggi kalsium. nyatanya, dalam 100 gr daging ikan bandeng, terkandung 20 mg kalsium. paling tidak, kandungan tersebut dapat membantu pemenuhan kebutuhan tubuh anda akan kalsium setiap harinya
  • Fosfor
    Ada kalsium, ada fosfor. Kedua zat tersebut merupakan jenis zat yang tidak terpisahkan untuk menjaga kesehatan tulang kita. Dan faktanya adalah, setiap 100 gr daging ikan bandeng, mengandung 150 mg fosfor. Tentu saja kandungan fosfor ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan fosfor
  • Zat besi
Ikan bandeng ternyata juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi biasanya bermanfaat untuk :
1.     Mencegah terjadinya anemia
2.     Mengontrol produksi darah
3.     Mempercepat penyembuhan luka
Dalam 100 gr daging ikan bandeng, terkandung 2 mg zat besi.
  • Vitamin A
    ikan bandeng pun ternyata memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Terbukti, 100 gr daging ikan bandeng mengandung 150 IU vitamin A. 
Manfaat Dari Gizi Ikan bandeng:
Manfaat dari ikan bandeng dapat membantu proses tumbuh kembang otak dan memori anak, dengan adanya omega 3 yg cukup banyak juga membantu perkembangan sistem saraf anak agar lebih sehat dan cerdas. Dalam omega 3 terdapat kandungan zat yang akan membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh si kecil. karena itulah salah satu cara untuk mencegah si kecil tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Dan banyaknya Vitamin A yang di hasilkan dari ikan bandeng membantu menyalurkan obyek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol, sehingga mata anak akan lebih sehat dan penglihatan semakin bagus dan fokus.

  • Manfaaat Ikan Bandeng Untuk Orang Dewasa
Jika rajin mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak seperti terkandungan di ikan bandeng setiap harinya tanpa berlebihan, hal itu bisa membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan mata, dan mengurangi depresi. 
Manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil juga cukup bagus dikarenakan Omega 3 juga cukup baik untuk ibu hamil guna meningkatkan air susu ibu dan kualitasnya. Anak yang di lahirkanpun lebih sehat dan cerdas.

Selain omega 3, protein yang terkandung pada ikan bandeng juga sebesar (20.38%), lebih tinggi dari beberapa ikan lain. Dengan mengkonsumsi bandeng dapat memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Tingginya kandungan gizi pada bandeng dapat mencegah penyakit jantung koroner, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan mengkonsumsi ikan bandeng dengan rutin dapat mencegah penyakit kekurangan gizi mikro dan dapat membantu pertumbuhan sistem saraf serta perkembangan otak, manfaat ikan bandeng lainnya adalah dapat mengurangi resiko hipertensi.

Nahh,, Cukup meyakinkan bukan,?  manfaat dan kandungan gizi ikan bandeng juga sangat bagus untuk ibu hamil dan janin, serta juga cukup bagus untuk perkembangan otak anak-anak. karena itu sajikanlah olahan masakan ikan bandeng mulai sekarang....!! Cintai dan nikmatilah hasil alam Indonesia  yang sangat berlimpah,,,

" Sekian informasi dari saya tentang manfaat ikan bandeng. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan pada informasi gizi dan manfaat ikan bandeng karena informasi ini, saya  mengambil dari berbagai sumber dan dirangkai menjadi satu. Semoga informasi ini bermanfaat. Amin.

Baca juga:  




1 komentar:

  1. memang ok nih bandeng.. terlebih enak rasanya banyak juga khasiatnya

    BalasHapus

Sponsored : Squavit